Proses inovasi banyak bergantung pada pengetahuan,terutama pengetahuan karena merepresentasikan suatu bidang jauh lebih dalam daripada data,informasi,dan logika konvensional.Oleh karenanya pengetahuan kekuatan terletak pada subjektivitasnya yang mendasari nilai dan asumsi yang menjadi pondasi bagi proses pembelajaran.Dari pemahaman ini dapat dikatakan bahwa pengetahuan manajemen serta sumber daya manusia merupakan menjalankan elemen penting dalam setiap bisnis.
Banyak organisasi tidak konsisten dalam pendekatannya kepada KM,hal ini terjadi karena banyak dipengaruhi dan didominasi oleh teknologi informasi.KM mendukung kinerja inovasi pendekatan jika simultan dari R&D yang lembut dan keras praktik-praktik TI diimplementasikan secara bersama-sama secara sinergi.KM berkembang menjadi bidang kajian tersendiri dalam studi organisasi dan berperan signifikan dalam membangun keunggulan kompetitif.KM memberi perhatian pada formalisasi kepada pengalaman,pengetahuan,dan keahlian guna menciptakan kemampuan baru,mendukung kinerja unggul,mendorong inovasi,dan meningkatkan nilai pelanggan.Dari berbagai pendekatan KM menunjukan adanya perluasan belajar dari organisasi bisnis dan sistem informasi dan dua pendekatan ini dipengaruhi oleh paradigma TI dan paradigma humanis.
Pengetahuan memiliki arti labih luas dibanding teknologi dimana teknologi merupakan salah satu jenis pengetahuan.Sebagian besar inovasi dewasa ini lebih merupakan sintesa dari badan pengetahuan yang ada dari pada terobosan teknologi.Karena itu dalam literatur tentang penggunaan inovasi lebih dominan dibanding pengetahuan teknologi.Inovasi berkaitan dengan pengetahuan yang dapat digunakan untuk menciptakan produk atau proses dan layanan baru guna meningkatkan keunggulan kompetitif pelanggan dan memenuhi kebutuhan yang selalu berubah.Dalam format ideal inovasi memiliki kapasitas meningkatkan kinerja,menyelesaikan persoalan menambah nilai.Hubungan antara inovasi,teknologi informasi,kinerja inovasi mamiliki hubungan non linear dengan kinerja perusahaan.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment