Monday, May 31, 2010

Resensi Buku: MAKE (Most Admired Knowledge Enterprise) Indonesian Study and Lessons Learned


Dalam beberapa tahun terakhir, knowledge management menjadi salah isu penting dalam perjalanan sebuah organisasi untuk mengoptimalkan seluruh potensi dan sumber daya yang mereka miliki. Dan itulah yang mendorong beberapa pihak untuk membuat beragam kriteria mengenai organisasi yang pantas diakui sebagai knowledge enterprise.

Buku ini tidak hanya menuturkan kriteria apa saja yang perlu diperhatikan oleh organisasi, bagaimana mengimplementasikan knowledge management dalam industri yang berbeda, bagaimanan mengoptimalkan sumber daya yang sudah ada sehingga muncullah para knowledge workers yang akan meningkatkan daya saing dan dan daya hidup organisasi, dll.

Dari sekian banyak organisasi yang menerapkan hal itu, muncullah beberapa organisasi yang dengan sangat bagus mampu memetik hasil dan manfaat yang luar biasa dari penerapan knowledge management.

Buku ini memuat contoh-contoh perusahaan yang telah dan berhasil menerapkan knowledge management dalam berbagai bidang, sehingga kita bisa belajar dari mereka, para pemenang.

Sebagai lembaga otoritas yang telah menerapkan KM, merupakan panggilan hati bagi kami untuk mengajak seluruh organisasi di Indonesia juga ikut merasakan the beauty of implementing KM. Selamat berproses dan menemukan kesempurnaan dalam sebuah metamorfosis menuju bangsa yang berbasis pengetahuan. ---Miranda S. Goeltom, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia 2004-2009

Kami menyambut gembira kehadiran buku ini, sebagai sumber inspirasi bagi kita semua untuk terus belajar dan membagi pengetahuan kepada yang lain. Mudah-mudahan ini bisa membantu percepatan langkah menuju terciptanya "'Knowledge based community" yang lebih luas di Indonesia.---Josef Bataona, HR Director Unilever Indonesia

The ability to learn faster than your competitor may be only sustainable competitive advantage.---Arie De Geus


dikutip dari http://www.gramediashop.com

No comments:

Post a Comment